Cara Mengganti URL Localhost Pada Xampp Server Dengan Domain Sendiri

by Ayi Takei on 04:38 PM, 08-Nov-12

Category: Tips N Trick , Wordpress Org

Cara Membuat Blog Wordpress.org, Cara Mengganti URL Localhost Pada Xampp Server Dengan Domain Sendiri - Selamat sore. happy blogging!!! postingan Saya kali ini adalah seri Tutorial Wordpress.org yang kelima (bener gak ya? ah.. pokoknya deh. wkwkw) setelah sebelumnya Saya posting mengenai Cara Mengaktifkan Mod Rewrite Pada Server XAMPP Windows. jika tertarik monggo dibuka, dibaca, dipelajari, diresapi.. wkwkw.

okey, mari kita lanjutkan pembahasannya. nanti kalo ada salah harap maklum karena Saya ini hanyalah seorang Newbie yang sekedar ingin berbagi sedikit ilmu yang Saya punya.

Seperti kita ketahui bersama, secara default URL pada Server Xampp baik di versi Windows maupun pada versi Linux hanya bisa di akses dengan menggunakan URL http://localhost/namafolder.

contoh :

http://localhost/forum

atau

http://127.0.0.1/forum

nah.. sekarang bagaimana caranya agar kita bisa mengakses alamat Localhost Xampp dengan nama domain kita sendiri? katakanlah dari yang tadinya http://localhost/forum menjadi http://forum.nogisa.com? bingung?? hehe.. silahkan dibaca dengan seksama step by step-nya di bawah ini :

1. masuk ke "C:\xampp\htdocs"

2. buat nama folder misalnya "forum"

3. masuk ke "C:\xampp\apache\conf\extra"

4. buka "httpd-vhosts.conf" dengan Program Notepad dan tambahkan konfigurasi di bawah ini :

NameVirtualHost *:80

<VirtualHost *:80>
ServerAdmin admin@localhost.com
DocumentRoot "C:/xampp/htdocs"
ServerName localhost
ServerAlias localhost
</VirtualHost>


<VirtualHost *:80>
ServerAdmin admin@forum.nogisa.com
DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/forum"
ServerName forum.nogisa.com
ServerAlias www.forum.nogisa.com
</VirtualHost>


copy via text area :


keterangan : ganti "forum.nogisa.com" dengan nama domain sobat. kemudian ganti juga "forum" pada "C:/xampp/htdocs/forum" dengan nama folder sesuai dengan nama folder yang sudah sobat buat pada step ke 2 di atas.

5. sekarang masuk ke "C:\WINDOWS\system32\drivers\etc"

6. kemudian buka "hosts" dengan Program Notepad dan tambahkan konfogurasi seperti di bawah ini :

127.0.0.1 forum.nogisa.com

keterangan : ganti "forum.nogisa.com" dengan nama domain sobat.

7. sekarang tinggal meletakan CMS Blog Wordpress, Wap Forum JohnCMS, PhpBB dan lain sebagainya ke folder "forum" yang ada di "C:\xampp\htdocs"

8. selesai....

sekarang aktifkan Apache dan Mysql pada Xampp sobat. kemudian ketikan di address bar browser sobat "http://forum.namadomainkamu.com" ( kalo punya saya dengan mengetikan "http://forum.nogisa.com" ) otomatis akan terbuka Website Localhost sobat dengan URL domain sendiri.

NB : jika terjadi URL not found, silahkan restart terlebih dahulu PC-nya.

demikian tips Cara Mengganti URL Localhost Pada Xampp Server Dengan Domain Sendiri dari Cara Membuat Blog Wordpress.org. moga bisa bermanfaat.....

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

17 responses to "Cara Mengganti URL Localhost Pada Xampp Server Dengan Domain Sendiri"

Arif Manchunian Outsider [05:05 PM, 08-Nov-12]

apakah saya pertamax.?
coba aja deh pertamax sob..
nyimak aja gak punya pc..
kunbal ya sob., itung itung silaturahmi.

Ilucx Osd [05:06 PM, 08-Nov-12]

Cara Mengganti URL
Localhost Pada Xampp
Server Dengan Domain
Sendiri [lagi nabung dulu buat bikin tumpeng]

lagi nabung dulu buat bikin tumpeng [05:14 PM, 08-Nov-12]

@Arif Manchunian Outsider : ok dah mampir. Yuk yak setuju!
@

Tips Trik SEO dan Blog [05:49 PM, 08-Nov-12]

numpang lewat ah ,

mau beli PC dulu , untuk nyoba trik , hehe

Tips Trik SEO dan Blog [05:51 PM, 08-Nov-12]

blog sudah saya follow ,

kalo berkenan follback dong master

makasih !!!

Tips Trik SEO dan Blog [05:52 PM, 08-Nov-12]

blog sudah saya follow ,

kalo berkenan follback dong master

makasih !!!

Tips Trik SEO dan Blog [05:53 PM, 08-Nov-12]

blog sudah saya follow ,

kalo berkenan follback dong master

makasih !!!

fauzans [05:58 PM, 08-Nov-12]

thanks info nya master.ntar dipraktekan

iWan Android LoVers [06:06 PM, 08-Nov-12]

Wew pusing gw brow smile

htpp://iwansp.mywapblog.com

ogetto [06:32 PM, 08-Nov-12]

kunjungan malam
Moga sukses slalu ya

ukie_sibocah [07:05 PM, 08-Nov-12]

lieur pisan ,,
Pusing smile tp mantap ...

Librabrutal [07:10 PM, 08-Nov-12]

Lewat Hp gk bisa ya gan nyimak aja

xoix indra real [07:18 PM, 08-Nov-12]

mantap.kang jgn lupa mampir ya.dan postkan com

ндвiв δøмiицs [09:30 PM, 08-Nov-12]

ribet kang

Ade Andriana [11:58 PM, 08-Nov-12]

Wah ternyata ini blog nya kang BINEX, kirain siapa? Nama nya kaya baru liat mrgreen
Thanks kemaren udah mampir, kalo sempet mampir lagi ya kang!

Jimmy [07:44 PM, 21-Feb-13]

itu bisa diakses semua orang dari komputer yg beda ga?

insanity [08:19 AM, 01-Apr-13]

http://may715.inube.com/blog/3170883/exactly-how-the-zumba-dvd-set-can-help-you-drop-weight/ [url=http://insanitycanada68.webs.com]insanity[/url]

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

New comments disabled for this post.